Rabu, 25 Januari 2012

Zoo in the City


Zoo in The City

Sedang Lesehan 






Zoo atau kebun binatang pasti sering berkunjungkan? atau bahkan tinggal di sana ? becanda. Ngomong -ngomong kebun binatang, sepengatahuan saya di Sulawesi tengah belum ada kebun binatang. Jadi kalau mau ke kebun binatang ya ke hutan saja langsung Murah dan hemat. Di kota besar pasti sangat aneh melihat karnaval hewan ternak berkeliaran tak karu-karuan. Nah pada kesempatan kali ini saya mau cerita Zoo in The City alias Kebun Binatang di Tengah kota.

Bukit cinta

Bukit cinta


Topografi Kota Palu yang berbukit - bukit mendorong warga sekitarnya untuk berternak baik sapi, kambing ataupun domba. Kalau mau di bayangkan mirip safana yang ada di afrika walaupun tidak mirip sekali tapi mirip dikit. Banyak masyarakatnya menjadikan hewan ternak sebagai salah satu mata pencaharian.

Yang unik dari masyarakat di sini adalah kalau di jawa hewan ternaknya di kandangkan sedangkan di kota palu  tidak. Para hewan ternak di lepas untuk mencari makanannya sendiri,  di  hamparan bumi yang luas. Ada sisi di balik pelepasan hewan ternak begitu saja, positifnya yaitu para perternak tidak harus bersusah payah memberi pakan, membersihkan kandang dll karna si hewan ternak telah asyik mencari makanannya sendiri. Tapi sisi negatifnya karna hewan ternak di lepaskan begitu saja, terkadang sering mengganggu pengguna jalan baik mobil ataupun motor. Tidak heran kalau di palu ada korban tabarakan sapi atau kambing bisa sapinya yang cedera atau manuasianya . Saudara dari teman ibu saya adalah korban kecelakaan akibat nabrak sapi yang lagi tour di kota palu.. Tapi disinilah keunikan kota ini ...^_^ jadi saya sarankan kalau teman - teman main ke mari hati - hati ya bisa di seruduk sapi he he he.


 

membahayakan Pengendara

Ngomongin sapi ada kejadian lucu di kampus saya tercinta,  suatu hari yang cerah di kampus biru Tadulako. Mahasiswa seperti biasanya belajar di kelas dengan penuh keseriusan (kalau lagi ujian saja he he he). Perasaan tegang menyelimuti mahasiswa karna menunggu wangsit yang tak kunjung datang. Seketika kelas panik dosen berteriak seolah - olah ada hal yang besar terjadi apakah gempa, perampokan atau kebakaran?. Ketegangan itu sirna karna ternyata, seekor sapi mendadak masuk ke kelas. Wah lucu sekali kami tertawa terbahak - bahak. Sehari kemudian di kelas sebelah para ternak - ternak tanpa izin buang hajat sembarangan. Semangat membara menuju tempat ujian tiba-tiba  hilang begitu saja melihat hal yang kurang indah bertaburan he he he terpaksa ujian di undur deh.

tapi saat ini fonemena tersebut sudah tidak ada lagi pihak kampus sudah menyelsaikan masalah hewan ternak yang berkeliaran dengan warga setempat. Ya jadi kampus dah clean dari hewan ternak. ya itu keunikan daerah saya. Main- main ke mari ya ^_^  


Palu in the night

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nanti di bales kok